Sabtu, 03 Oktober 2009

Desain Gigi Lebih Hebat dari Pesawat

Apakah Anda pernah berpikir mengapa email pada gigi kita yang hanya setebal gelas dapat menahan tekanan saat mengunyah? Karena tergelitik dengan pertanyaan ini Profesor Herzl Chai dari Universitas Tel Aviv, Israel, mencoba meneliti dan memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Hasil penelitiannya mengungkap struktur gigi yang canggih yang dapat menahan tekanan sehingga membuat gigi tetap utuh. "Gigi dibuat dari materi yang canggih yang mampu merespon tekanan dengan canggih pula," ujar Chai seperti dikutip Sciendaily.

Gigi juga mampu membuat jaringan rekahan kecil yang bisa menyebarkan tekanan saat harus mengunyah benda keras seperti kacang. Yang lebih hebat lagi struktur gigi ternyata lebih canggih daripada struktur pesawat terbang dalam menahan tekanan. Tidak seperti pesawat yang hanya memiliki satu lapisan serat yang tersusun teratur dalam jaringan, gigi membentuk gelombang dalam strukturnya, disamping serat dan matriks yang tersusun dalam beberapa lapisan. Ini yang membuat gigi mampu menyerap tekanan sekaligus mencegah pecahnya gigi.

Struktur gigi inilah yang harus ditiru para ahli disain pesawat terbang agar mampu membuat kendaraan yang kuat sekaligus ringan. Meski demikian memang agak sulit mengingat para ahli desain harus mampu menemukan bahan yang dapat mengatasi rekahan mikro secara otomatif seperti yang dilakukan gigi saat meredam tekanan. Walaupun sulit struktur gigi tetap dapat menjadi inspirasi bagi kemajuan teknologi desain pesawat.(DIO)

Sumber :
http://tekno.liputan6.com/berita/200909/243231/Desain.Gigi.Lebih.Hebat.dari.Pesawat
6 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar